Latar belakang Jaringan dan Sejarah Jaringan


Pada tahun 1940 semua ilmuwan komputer yang ada di Amerika sedang membuat sebuah penelitian tentang bagaimana caranya untuk membuat sesuatu yang dimana dapat dimanfaatkan untuk memanfaatkan sebuah perangkat komputer secara bersamaan. Yang dimana pada saat itu belum mengenal yang namanya jaringan.



11Kemudian di tahun 1950, jenis-jenis komputer sudah makin berkembang dan sudah terciptanya super komputer. Dan pada saat itu juga peminat komputer sudah semakin banyak dan menyebabkan harga komputer semakin melonjak. Oleh karena diadakannya tunutan untuk sebuah komputer melayani beberapa terminal. Dan dari sanalah muncul konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang lebih dikenal sebagai TSS (Time Sharing System) yang merupakan bentuk pertama kali jaringan komputer diapplikasikan.
jkom2Pada sistem TSS, beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Kemudian, konsep ini berkembang menjadi proses distribusi (distributed processing). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah perkerjaan yang besar secara pararel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri di setiap host komputer.
Kemudian seiring berjalannya waktu, harga – harga kompute sudah mulai menurun dan konsep distribusi sudah matang, maka pada saat itu pun penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam mulai dari menangani proses bersama maupun komunitas antar komputer (peer to peer system) saja tanpa melalui komputer pusat. Dan kemudian berkembanglah teknologi jaringan lokal yang dikenal sebagai dengan LAN (Local Area Network).
Pada waktu internet dikenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa di tingkat dunia yang disebut dengan istilah WAN (World Area Netwowrk).


0 komentar to "Latar belakang Jaringan dan Sejarah Jaringan"

Posting Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

TIME

Buku Tamu

Popular Posts

Globe Visitor

FileHIPPO.com

About Me

Foto Saya
Muhammad Rizki Perdana Putra
Nothing Imposible In This Live ...
Lihat profil lengkapku
Web hosting for webmasters