Motherboard Merek Lokal dengan Tipe RAM Fleksibel



Muscle Power A785GMF
Sebagai merek lokal yang dulunya terkenal sebagai produsen memori, Muscle Power kini mencoba untuk meramaikan pasar motherboard di tanah air. Muscle Power A785GMF, itulah seri motherboard pertama dari Muscle Power yang datang ke CHIP Test Center. Terlihat dari penamaan tersebut, chipset utama board tersebut, adalah AMD 785G.

AMD 785G merupakan chipset yang telah lama diluncurkan dan kini posisinya telah digantikan oleh chipset AMD 880G. Walaupun begitu, keduanya memiliki banyak persamaan pada feature yang disediakan. Perbedaan paling besar terlihat dari seri yang diusung pada graphics card onboard dan pasangan southbridge yang   digunakan.   AMD  785G  graphics card yang digunakan merupakan ATi Radeon HD 4200, sedangkan pada AMD 880G graphics onboardnya adalah ATi Radeon HD 4250. Begitu juga southbridge yang dipasangkan masih berupa SB750 yang hanya mendukung penggunaan SATA 2, berbeda dengan AMD 880G yang biasanya disandingkan dengan SB850 yang telah mendukung SATA 3.
Dengan adanya chipset AMD 785G, board ini memiliki onboard graphics yakni ATi Radeon HD 4200. Untuk menambah kekuatan onboard graphic tersebut, Muscle Power juga menyertakan sideport memory sebesar 128MB. Hasil 3DMark Vantage sebesar 269 point memperlihatkan bahwa board ini masih dapat bersaing dengan chipset penerusnya, AMD 880G.
Dua jenis slot ram memungkinkan fleksibilitas penggunaan DDR2 atau DDR3.
Hal paling mencolok dari board ini adalah adanya dukungan untuk menggunakan dua buah jenis memori, yakni DDR2 dan DDR3. Tentunya penggunaan jenis memori tersebut tidak dapat dilakukan secara berbarengan. Untuk mendukung hal tersebut, Muscle Power menyertakan dua buah chip BIOS yang akan berjalan sesuai dengan jenis memori yang digunakan pada motherboard ini.
Board ini juga dilengkapi oleh satu buah slot PCIe dan dua buah slot PCI. Untuk storage, board ini menyediakan enam buah slot SATA 2. Letak slot SATA 2 terlihat cukup jauh dari slot PCIe, namun masalah akan muncul begitu board ini  disandingkan dengan graphics card besar dengan pendingin dual slot, hampir seluruh slot sata akan tertutup oleh graphics card. Hal tersebut tentu akan menyulitkan bagi pengguna graphics card berukuran besar.
BIOS yang digunakan terdapat menu unik yang dinamakan “OC Yuk !!!”. Menu tersebut berisi opsi overclocking yang tergolong lengkap karena banyaknya parameter overclocking yang    tersedia. Selain itu, board ini juga menyertakan feature core unlocker. Sebuah feature yang sepertinya wajib dimiliki board AMD saat ini.


0 komentar to "Motherboard Merek Lokal dengan Tipe RAM Fleksibel"

Posting Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

TIME

Buku Tamu

Popular Posts

Blog Archive

Globe Visitor

FileHIPPO.com

About Me

Foto Saya
Muhammad Rizki Perdana Putra
Nothing Imposible In This Live ...
Lihat profil lengkapku
Web hosting for webmasters